Penulisan Thesis & Proposal

October 22, 2008

5. Tinjauan Pustaka

Filed under: Uncategorized — Suprijanto @ 10:26

Setelah masalah dan tujuan penelitian dapat dirumuskan, maka tahapan berikut adalah mencari dasar dasar teori dan riset yg sudah dilakukan sesuai dengan tujuan penelitian yg akan dilakukan, atau bahasa populernya adalah mencari Tinjauan Pustaka bagi penelitian kita.

Tinjauan Pustaka akan mudah dilakukan, kalau kita mempunyai tool2 yg bisa membantu kita koleksi bahan pustaka. Tool tsb adalah :

  1. Evernote Software utk membuat Catatan di komputer kita, download gratis di internet                                  ( http://www.evernote.com)
  2. Sebuah software utk mencatat referensi otomatis (ENDNOTE) yg bisa lsg digunakan di Word. Bisa dibeli di yg jual software di Ambasador mall atau Mangga Dua, harganya 25 atau 30 ribuan

Kita mulai hunting bahan pustaka, pertama dengan cara yg mudah…..Google saja, misalnya kita mencari topik ttg Performance Evaluation maka kita kerjakan sbb:

  • masukkan ke Google : “performance evaluation pdf” . Dan akan keluarlah makalah2 yg terkait dgn performance evaluation di internet.
  • Juga cari padanan kata utk performance evaluation misal standard performance, job evaluation, dsbnya…
  • tambahkan kata yg cocok di Google utk performance evaluation misal: Steps for Perf Eval; Basic of Perf Eval; Concept of Perfrom Eval; tehniques of perf eval; … dstnya

Cara kedua untuk mencari kepustakaan terkait adalah dgn melihat topik topik sejenis di perpustakaan, bagaimana mhs yg dulu membahas masalah ini, teori apa yg dipakai, bahan bacaan yg mereka pakai, kerangka konsepnya, dll. Dengan begitu kita bisa melihat konsep2 yg sudah dipakai terlebih dulu oleh kakak2 kelas anda.

Tentunya buku2 yg terkait dengan topi itu juga anda cari di perpustakaan FKMUI. jangan lupa juga untuk mencari di Perpustakaan Magister Manajemen FEUI di Salemba; Perpustakaan LPPM di Patung Pak Tani Senen. Atau disumbernya tentu, Gramedia, atau Kinokuniya di Plaza Senayan lantai 5. wah seru deh pokoknya hunting sampai habis, sehingga anda punya minimal 20-50 kepustakaan ttg topik anda (termasuk kliping koran Kompas, Tempo, majalah Manajmene, Swa, dsbnya).

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

Blog at WordPress.com.